Courses 2: Epistemologi Islam

EPISTEMOLOGI ISLAM

Fakultas: Ilmu Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Semester Gasal 2006
Hari: Sabtu: 03.30-5.10
Ruang Kelas:
SKS: 2.00
Pengampu: Hilman Latief, MA.
Ruang: Labda FAI, Lt. 3. Fakultas Agama Islam
Jam Konsultasi: Senin 11.00-12:00 dan 01:00-0200; Selasa and Kamis: 10:00-12.00   
 
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami konsep dan perkembangan ilmu dalam tradisi intelektual Islam. Sumber-sumber ajaran Islam telah memberikan inspirasi yang besar bagi sarjana, filsuf, dan teolog Muslim untuk menjadikan Islam sebagai sebuah paradigma, cara pandang, perspektif dan sumber ilmu  dalam memahami pelbagai persoalan. Espistemologi Islam itu sendiri terbentuk melalui persepsi-persepsi filosofis yang beraneka ragam di kalangan filsuf Muslim dalam merumuskan ilmu, sumber ilmu, objek ilmu, dan ruang lingkup ilmu, termasuk dalam cara memperoleh ilmu.
Ilmu sendiri telah berkembang dengan cepat dan perumusannya dipengaruhi oleh cara pandang dunia tertetu. Konsepsi ilmu di kalangan sarjana dan filsuf Barat telah mengalami proses evolusi dan bahkan revolusi besar dimana semakin kuatnya tradisi positivistik-naturalistik yang acap menyisihkan tradisi spiritualistik., sementara dalam tradisi Islam, perkembangan ilmu sempat semakin menyudut ke arah tradisi agama-agama dengan mengabaikan tradisi saintifik-positivistik-naturalistik. Dalam konteks ini, upaya-upaya untuk menyatukan kembali visi ilmu di kalangan sarjana Muslim pun muncul, dengan mengenalkan pelbagai, baik orientasinya kental yang bersifat ideologis seperti ‘Islamisasi Ilmu’ maupun melalui proyek seperti ‘Integrasi Ilmu’.

Tujuan Perkuliahan
Melalui studi Epistemologi Islam, mahasiswa diharapkan dapat:
·       Memahami filsafat pengetahuan dalam tradisi Islam
·       Mengetahui corak pemikiran filsuf Muslim dalam mengkonsepsikan ilmu dan pengetahuan.
·       Memahami perkembangan filsafat pengeatahuan secara umum dan proses terjadinya pemisahan antara ilmu-ilmu  agama dan ilmu-ilmu non-agama.
·       Memetakan upaya-upaya yang dilakukan sarjana Muslim dalam mempertemukan kembali spirit keilmuan Islam dalam numenklatur keilmuan modern.

Persyaratan Perkuliahan
1.    Kehadiran (attendance), tugas membaca (reading assignment), dan partisipasi aktif di dalam diskusi kelas (active section participation) (20%)
2.    Ujian Tengah Semester/Midterm (20%)
3.    Presentasi. Mahasiswa diharuskan memilih salah satu topik untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas. Presentasi dapat dilakukan secara individu maupun kelompok, dan mahasiswa diperbolehkan hanya membawa catatan hasil [bukan makalah] bacaan yang telah ditentukan sebelumnya (10 %)
4.    Tugas Review. Mahasiswa diwajibkan menulis review akhir tentang pandangan sarjana atau filsuf Muslim yang terkait dengan topik perkuliahan. Tugas review dikumpulan pada minggu ke V dan Minggu ke XII.  Panjangnya makalah/review sekitar 4-5 halaman (20%) 
5.    Ujian Akhir/ Final Exam (30 %) 

Sistem Penilaian
Skala penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut:
80-100 (A); 66-79 (B), 56-65 (C); 65-69 (DC); 60-64 (D); 10-60 (E)

Sumber Rujukan Perkuliahan
Buku Wajib
Miska M. Amien, Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1983).
Mehdi Hai’iri Yazdi, Ilmu Hudhuri: Prinsip Epistemologi dalam Filsafat Islam, ter.: Ahsin Muhammad (Bandung: Mizan, 1994) 
Mulyadhi Kertanegara, Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik (Jakarta: UIN Jakarta Press & Arasy, 2005)
Buku Anjuran
Kontowijoyo, Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika (Jakarta: Teraju, 2004)
Zainal Abidin Bagir dkk (ed.)  Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi (Bandung: Mizan, 2005)   


Outline Materi perkuliahan dan Jadwal Pertemuan Kelas
Minggu ke-1

Pengenalan Format, Persyaratan Perkuliahan, dan kontrak belajar 


Minggu ke-2

Filsafat Pengetahuan Islam: Pengertian dan Ruang Lingkup

Miska M. Amin, bab 1 & 2, hlm. 1-18.  

Minggu ke-3
Sumber dan Cara memperoleh Pengetahuan dalam Islam

Miska M. Amin, bab 3 & 4, hlm. 19-34.

 

Minggu ke-4

Filsafat Pengetahuan di Mata Filsuf: Beberapa Filsuf Terpilih
Miska M. Amin, bab 5, hlm. 35-62.
(Tugas mereview)

Minggu ke-5
Ilmu Hudhuri: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Sejarah

Mehdi Hai’iri Yazdi, hlm 21-53.


Minggu ke-6

Pemutaran Film/Studi Kasus

Minggu 7, Maret

UJIAN TENGAH SEMESTER 

Minggu ke-8
Integrasi Ilmu Agama (Islam) dan Umum: Prinsip dan Objek
Mulyadhi Kertanegara, 32-70.

Minggu ke-9
Integrasi Ilmu bidang dan Sumber Ilmu
Mulyadhi Kertanegara, hlm. 72-115.

Minggu ke-10
Integrasi Ilmu Teoretis dan Praksis
Mulyadhi Kertanegara, hlm. 162-175

Minggu ke-11
Islamisasi Ilmu atau Pengilmuan Islam?
Kontowijoyo, hlm. 51-83.

Minggu ke-12
Membangun “Ilmu Sosial Profetik”
Kuntowijoyo, 85-115.

Minggu ke-13
Pengajaran Ilmu-ilmu Umum dan Agama di Perguruan Tinggi: Studi Kasus

Minggu ke-14

UJIAN AKHIR SEMESTER